horizontal menu

Sabtu, 28 Agustus 2010

unforgetable moment (1)

tahun ini baru berjalan setengah , tapi perasaan sedih ku ga pernah setengah-setengah (lho ?). hal sedih yang kurasa adalah ketika kakekku meninggal dunia . emang ga pernah bisa dipungkiri ketika setiap orang yang kita sayang meninggalkan kita pasti akan berasa banget kehilangannya . sama seperti yang kurasa sampai sekarang . ceritanya begini , seminggu sebelum kakekku meninggal ayahku tlah menjenguk dan merawat kakek bersama adik-adik ayahku . dari yang tinggal di pontianak sampai ke tenggarong  datang .

sampai dekat waktu ajalnya , ayah selalu menelpon ke rumah memberi kabar mengenai kakek . mulai dari keadaan kakek yang sudah membaik , kakek masuk rumah sakit , pulang ke rumah lagi dan memburuk =.=' . 
sampai akhirnya kakek dinyatakan meninggal . innalillahiwainnalilahi rojiun . ayah padahal dalam perjalanan pulang ke banjarmasin dengan om daham karena tahu keadaan kakek sudah membaik , tapi waktu di kota rantau ayahku ditelpon oleh tanteku bahwa kakek meninggal . sekedar informasi , kakek saya berada di kota barabai .
ayah langsung mengabarkan hal ini ke rumah , mama dan kaka bergegas pulang setelah merampungkan seluruh kerjanya . kaka saya ada 2 , yang pertama henny . nah , si doi nih lagi ga ada di rumah pada saat genting seperti ini . tebak dimana ?? dia liburan di jogja bareng 2 sahabatnya (trio mipa) . sedangkan kaka saya yang kedua , yuli . langsung mengabari saya dengan cara langsung datang ke sekolah . hmmm....

si henny tadi emang ga bisa pulang hari itu juga karena tiket yang dipesan baru 3 hari kemudian bisa pulang . jadinya ngedoain jarak jauh aja deh .
nah ada sedikit cerita gimana kakak saya rela datang2 kesekolah untuk bilang langsung . jadi pada saat itu , hape saya mati ! daarrggh ... absolute reppo .. dilain situasi saya bersama anak mushola seperti fazar(apriadi) , dodi (taufik rahman) , angga(yoerizki) dan gandu (yulio P.) solat sesudah minta izin dengan pengajar PKn waktu itu , Bu Neneng .
setelah dapat izin kami solat , setelah solat dan mau balik ke kelas . beberapa saat kemudian , bapak say(lani) memanggil nama saya dengan mengatakan ada kakaknya mencari . langsung saja .kami lewat ruang guru dan menyisir menuju arah simpang 3 UKS dan ruang kepsek . ternyata saya melihat kakak saya menangis , ada apa ini ??? apakah bapak say marah ketika melihat muka kakak saya yg dulu pernah remed kimia dan dapat 2 ? tidak tenyata . kakak saya mengatakan bahwa kakek meninggal . stuck . . . 
langsung balik ke kelas mau minta ijin ma z-ice (jed aisy) dan guru pengajar. nah pas masuk kelas , saya ingin bergegas minta ijin tapi ibunya  rada ga percaya ..


berikut dialog singkat antara saya (A) dan bu neneng (N)

A   : bu ijin bulik lah ??
N   : kemana lagi ? tadi baru aja keluar ! "muka rada sewot"
A   : ijin bulik bu , kakek saya meninggal . " mata saya mulai berkaca-kaca"
N   : masa sih ?? emang iya ?? "bu neneng kaga percaya sama kata-kata saya , sekaligus ragu dengan muka saya"
A   : beneran buuuu....(temen-temen juga ikut nyuport)
N   : oke deh , hati-hati yaa nak ....

*** setelah kejadian itu , saya bersama segenap hati saya berterimakasih dengan teman-teman yg solid dalam mendukung teman sendiri .


kejadian nya saat itu bertepatan dengan ulang tahun kakak saya yang pertama , henny . tepat 18 maret ...

langsung saya skip sampai barabai 


datang-datang saya langsung membacakan yasin buat kakek saya tercinta . saat saya datang kira-kira pukul 11 malam ..

setelah itu saya tidur sampai keesokan paginya ..
sekitar pukul 10 pagi , prosesi pemandian jenazah pun dimulai . disitu adalah kali pertama saya melihat orang memandikan jenazah secara live (kalo ga salah pernah liat sebelumnya pas simulasi pas pesantren ramadhan ).
dengan diiringi bacaan ayat-ayat al quran step by step proses pemandian berlangsung . tak terasa air mata saya keluar .
setelah itu saya disuruh untuk terakhir kalinya melihat wajah kakek dan menciumnya . saat itu sontak aku ingat bagaimana aku di perhatikan sama kakek , diajari kakek mengaji . setelah itu cucu kakek yang lain bergantian mencium kakek ...
bukan maksud apa-apa , tapi saya ini termasuk cucu yang disayang . ayah selalu bilang kalo stiap ayah ke barabai pasti kakek nyari aku . 

oke lanjut .. 
setelah itu , kakek langsung disolatkan dan dikuburkan tepat di pekarangan rumah
..
hampir setengah jam jasad kakek dikuburin . orang-orang langsung membacakan ayat-ayat al quran di dekat kuburan kakek ..



mulai sejak itu kuburan kakek selama 3 hari 3 malam harus terus dibacakan alquran atau dijaga . saya tidak tau juga mengapa , yang pasti niatnya pasti baik ..
sampai sekarang keinget mulu kejadian itu , makanya nulis di blog biar ademan hatinya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar